Rabu, 29 Desember 2010

Bisnis Online

Bisnis Online adalah bisnis yang dijalankan secara online di internet. Prinsipnya sama seperti menjalankan bisnis offline, ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu dijual agar bisa menghasilkan uang. Jadi bukan bisnis maya. Ada pertukaran antara nilai tambah dengan uang, tidak dengan sendirinya Anda mendapatkan penghasilan, tapi ada produk, ada jasa, ada nilai tambah yang perlu Anda jual untuk menghasilkan uang, sama seperti menjalankan bisnis offline. Tapi bedanya, bisnisnya dijalankan secara online di internet. Pemasaran dilakukan melalui internet dan pembelinya didapat melalui internet.
Inilah hasil dari 1 buah bisnis online saya yang menjual produk secara online di internet, dan melayani pembeli dari seluruh indonesia, menghasilkan profit 10 Juta perbulan dengan hanya rata-rata menjual 2 buah produk perhari tapi konsisten dengan harga jual produk Rp. 180.000,- perbuah. Dan penjualan terjadi tanpa mengeluarkan biaya iklan, pembelinya datang dari hasil search engine google dan referensi affiliate.
Hal yang penting nantinya setelah Anda berhasil menghasilkan uang dari bisnis online Anda yaitu melakukan duplikasi. Buat bisnis online Anda dengan cara yang sama dengan memilih kategori bisnis yang berbeda agar sumber penghasilan Anda dapatkan lebih dari satu website, jadi bisa 2x, 3x dan seterusnya.
Tetapi apakah hal tersebut akan bisa didapatkan dengan hanya semalaman? Tentu saja tidak. Ada prosesnya bagaimana sampai bisa mencapai hal tersebut dan langkah-langkah apa yang perlu Anda pelajari dan lakukan dalam memulai bisnis online Anda...
Seperti langkah pertama kali, Anda perlu memilih kategori market bisnis online yang menguntungkan dengan melakukan market riset. Jadi sebelum memulai, Anda bisa melihat dan mengamati market tersebut menguntungkan atau tidak sebelum Anda membuat bisnis onlinenya. Bila kurang menguntungkan, Anda bisa pilih kategori bisnis online lainnya.
Internet mulai digunakan secara luas oleh masyarakat di Indonesia di tahun 1995 terlalu lama hanya difungsikan melihat informasi yang tidak bisa diperoleh secara bebas dan murah maupun gratis. Tetapi kesadaran secara meluas bahwa internet merupakan sebagai medium bisnis baru, muncul diawal tahun 2000.
Keistimewaan dan keunggulan internet:
• Efficiency : internet dapat dinikmati oleh para pengunjung dalam jumlah yang tidak terbatas, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan
• Without boundary : internet tidak mengenal batas Negara atau benua.
• 24-hours online : internet menyediakan informasi yang berlangsung sepanjang waktu
• Interactive : internet menyajikan berita dalam bentuk yang menarik dan bentuk menu yang dapat dipilih sesuka hati.
• Hyperlink : informasi yang disediakan dari hyperlink untuk mempermudah pengunjung mengetahui makna yang lebih khusus dari sebuah kata.
• No lincense required : untuk dapat menanyangkan informasi dalam internet, tidak diperlukan adanya surat izin (SIUPP) terlebih dahulu.
• No censorship : dapt dikatakan bahwa hingga kini belum ada satu badan pun di dunia ini yang berwenang resmi untuk menyensor informasi dalam internet.
Perencanaan web (web plan)
 Analisis pasar, adalah analisis pasar sasaran (target market analysis), riset pasar (market research), dan perkirakan pasar (market forecast).
 Strategi website, meliputi hal-hal seperti ; fokus strategi, visi dan misi, strategi pengembangan, dan strategi pemasaran website.
 Ramalan penjualan (keuntungan), poin terpenting dalam web plan tidak selalu mengenai bagaimana website dapat menghasilkan penjualan, tetapi hal-hal yang dapat mendatangkan keuntungan.
 Anggaran pengeluaran, rencanaan anggaran ini sebaiknya juga memasukkan detail yang cukup untuk melacak pengeluaran dari bulan ke bulan dan kemudian menindak lanjuti rencana tersebut dengan analisis aktualnya.
Tujuh elemen kunci untuk mencapai kesuksesan online/e-business:
1. Menjual produk pada tingkat gross margin yang tepat untuk mempertahankan model bisnis yang menguntungkan
2. Menawarkan kepada customer online proposisi nilai yang cukup meyakinkan
3. Memastikan customer aquistion cost berada pada tingkat jumlah penjualan rata-rata
4. Memberikan kepada konsumen untuk memanfaatkan web bersahabat (user-friendly) yang mampu mengikat pengunjung
5. Pencapaian traffic pengunjung yang signifikan sementara secara terus menerus mengatur tingkat konversi yang tinggi
6. Pengaturan pencapaian efektivitas biaya efisiensi produk
7. Memberikan customer support terbaikmelali multiple touch point.
Belakangan ini, saya mendengar banyak sekali diskusi yang menyatakan bahwa internet ebusiness akan menjadi bisnis regular yang biasanya terdapat diberbagai obligasi internet masih merupakan saluran baru bagi pelaksana bisnis di banyak perusahaan. Untuk beberapa saat, para investordan pelaku bisnis telah mengukur kesuksesan e-business dengan melihat seberapa banyak pengunjung yang mendatangi sebuah site setiap bulannya/pertumbuhan revenue, hits dan jumlah produknya.
Tips bagi advertiser offline berpindah ke online
• Jangan sia-siakan uang anda dalam branding online
Jika anda berusaha untuk melambungkan kesadaran online, terdapat cara yang murah dan efektif untuk melakukannya. Berdasarkan penelitian oleh firma NPD Group, search listing bekerja lebih baik dari standar banner dengan memperhatikan penarikan brand listing atau rating pilihan yang dipilih.
• Jadikan tujuan advertising sebagai orientasi
Mengikatkan online ads anda dengan tujuan spesifik sangat penting untuk dua alasan. Pertama, dapat membuat kegiatan kreatif dalam iklan menjadi lebih efektif. Kedua, iklan pay-of-performance lebih efisien dalam biaya.
• Mengambil keuntungan inovasi dari iklan online
Banner sekarang memiliki rentang yang lebih beragam dari media animasi yang sangat rumit sampai ke bentuk link produk yang sederhana.
Tujuan dan misi website:
- Objek website
- Misi website
- Keterlibatan dalam bisnis
- Kepuasaan konsumen
- Filosofi tempat kerja
Dalam membangun sebuah e-business, ada lima tahapan yang harus dilalui oleh calon pebisnis online. Tiap-tiap tahapan akan berisi hal-hal mengenai perencanaan dan pembangunan website untuk bisnis online. Berikut kelima tahapan dalam perencanaan pembangunan sebuah bisnis online, atau e-biz :
1. Penetapan stategi e-biz
2. Perencanaan website yang representatif
3. Pembuatan website
4. Promosi website
5. Respon terhadap feedback yang muncul, yang diakhiri dengan worksheet merencanakan business action plan.
Setipa tahapan ini akan berisi langkah-langkah kongkrit dalam merencanakan bisnis online. Sebelum melangkah kepada detail tahapan, ada baiknya dimulai dengan penantangan atau pemahaman kita akan kebutuhan website itu sendiri.
Bisnis Online dibagi menjadi 3 jalur yaitu Bisnis Penjualan/Jasa, Pemasaran dan Periklanan. Untuk sukses di JALUR MANAPUN, inilah yang WAJIB anda lakukan:
1. Buat Web Bisnis Anda
Pebisnis Online perlu belajar bagaimana membuat blog dengan cepat dan mudah. Rekomendasi saya adalah WordPress yang sudah terbukti mudah diinstall, mudah digunakan dan paling aman dibandingkan mesin-mesin blog yang lainnya. Blog sangat fleksibel digunakan sebagai mesin penjualan, pemasaran dan publikasi. Sebagai FREE MEMBER di Cafebisnis, anda bisa belajar tentang WordPress ini secara detil dan GRATIS! Jika anda upgrade menjadi premium member, maka anda juga akan mendapatkan panduan bagaimana memaksimalkan fungsi WordPress anda hingga menjadi mesin pemasaran yang yahud.
2. Sulap Menjadi Mesin Uang
Berikutnya anda perlu belajar bagaimana membuat sebuah web penjualan seperti web toko online atau web affiliasi. Sebagai premium member cafebisnis, anda akan mendapatkan panduan cara membuat web toko online berbasis WordPress. Jika anda ingin memiliki web dengan system affiliasi sendiri, Cafebisnis juga menyediakan plugin wp-affiliasi yang akan membantu mengubah WordPress anda menjadi sebuah mesin affiliasi hanya dengan sekali klik saja.
3. Menjadi Nomor 1 di GOOGLE
Web keren, fasilitas oke, produk mantap tapi kalau ndak ada yang tahu dan berkunjung sama aja bohong. Salah satu mesin penarik pengunjung paling mantap, gratis dan tertarget adalah Search Engine seperti Google. Setelah web jadi, tugas anda berikutnya adalah Menjadikan Blog anda Nomor 1 di Google.
Berikut Beberapa Pelajaran Bisnis Online Yang Akan Anda Dapatkan Secara Gratis:
• Pelajaran 1: Menepis Keraguan Tentang Bisnis Online. Saya akan tunjukkan kepada anda bukan bahwa saya menghasilkan lebih dari dua puluh ribu dollar dari bisnis online hanya dalam waktu dua bulan! Ini BUKAN program MLM atau bisnis jaringan. Ini BUKAN money game atau skema piramid. Ini adalah bisnis yang LEGAL dan 100% HALAL!
• Pelajaran 2: Tiga Rahasia Sukses Pebisnis Online. Jika anda mengetahui dan menerapkan tiga rahasia ini, DIJAMIN anda pasti sukses berbisnis online! Perlu waktu 2 tahun bagi saya untuk menemukan kunci rahasia ini dan sekarang anda akan mengetahuinya!
• Pelajaran 3: Bagaimana Memulai Bisnis Online yang Sesuai dengan Minat dan Hobi Anda. Cara terbaik untuk menghasilkan uang dari Internet adalah memulai bisnis dari sesuatu yang anda senangi. Temukan cara memanfaatkan hobi anda menjadi sumber penghasilan di Internet!
• Pelajaran 4: Bagaimana Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Memiliki Produk Sendiri! Anda bahkan TIDAK perlu mempunyai produk untuk bisa menghasilkan uang dari Internet. Anda bisa membangun bisnis online yang sukses dan TIDAK perlu pusing mengurusi pengiriman barang atau customer support.
• Pelajaran 5: Alat-Alat yang Diperlukan Pebisnis Online. Apa saja sih, tools yang digunakan oleh para Internet entrepreneur untuk menjalankan dan mengotomatiskan bisnis online mereka?
• Pelajaran 6: Teknik Promosi Online yang Efektif. Saya akan jelaskan cara-cara promosi online yang efektif dan beretika, baik metodi promosi yang gratis maupun berbayar. Jangan sampai terjebak berpromosi dengan cara-cara ILEGAL seperti SPAMMING!
• Pelajaran 7: Online Entrepreneur Lifestyle. Bagaimana menata hidup dan membagi waktu anda sebagai pebisnis online--terutama jika saat ini anda masih berstatus pelajar/mahasiswa atau bekerja full time di kantor/perusahaan lain.
• BONUS: UPDATE Gratis Selamanya! Dengan berlangganan sekarang anda akan terus menerima tips-tips terbaru dari saya tanpa dipungut biaya sama sekali.

Referensi :
• Ustadiyanto, Riyeke. e-Business Plan, Perencanaan, Pembangunan dan Strategi Bisnis di Internet. Yogyakarta: Andi, 2002. (buku gunadarma)
• http://www.bisnisonlineindonesia.com/
• http://www.bisnismu.com/