Senin, 24 Oktober 2011

Tugas 2


Pembentukan Koperasi 
1.      Dasar Pembentukan
Masyarakat yang mendirikan koperasi pasti sudah mengetahui dan mengerti tujuan koperasi tersebut didirikan, yaitu untuk meningkatkan pendapatan dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi mereka. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan koperasi adalah:
a.       Orang-orang yang mendirikan dan yang nantinya akan menjadi anggota koperasi harus mempunyai kegiatan dan atau kepentingan ekonomi yang sama. Ekonomi yang sama diartikan, memiliki profesi atau usaha yang sama, sedangkan kepentingan ekonomi yang sama diartikan memiliki kebutuhan ekonomi yang sama. Orang-orang yang akan mendirikan koperasi tersebut tidak dalam keadaan cacat hukum, yaitu tidak sedang menjalani atau terlibat masalah atau sengketa hukum.
b.      Usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi harus layak secara ekonomi. Berarti bahwa uasaha tersebut akan dikelola secara efisien dan mampu menghasilkan keuntungan usaha dengan memperhatikan faktor-faktor tenaga kerja, modal dan teknologi.
c.       Modal sendiri harus cukup tersedia untuk mendukung kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi. Hal ini dimaksudkan agar kegiatan usaha koperasi dapat segera dilaksanakan tanpa menutup kemungkinan memperoleh bantuan, fasilitas dan pinjaman dari pihak luar.
d.      Kepengurusan dan manajemen harus disesuaikan dengan kegiatan usaha yang akan dilaksanakan agar tercapai efisiensi  dalam pengelolaan koperasi. Pengurus haruslah orang yang memiliki kejujuran, kemampuan da kepemimpinan, agar koperasi yang didirikan tersebut sejak dini telah memiliki kepengurusan yang handal.

2.      Persiapan Pembentukan Koperasi
a.       Pembentukan koperasi harus dipersiapkan dengan matang oleh para pendiri. Persiapan tersebut antara lain meliputi kegiatan penyuluhan, penerangan maupun latihan bagi para pendiri dan calon anggota untuk memperoleh pengertian dan kejelasan mengenai perkoperasian.
b.      Yang dimaksud pendiri adalah mereka yang hadir dalam rapat pembentukan koperasi dan telah memenuhi persyaratan keanggotaan serta menyatakan diri menjadi anggota.
c.       Para pendiri mempersiapkan rapat pembentukan dengan cara antara lain penyusunan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

3.      Rapat Pembentukan
a.       Rapat pembentukan koperasi dihadiri oleh sekurang-kurangnya 20 orang untuk Koperasi Primer dan sekurang-kurangnya 3 orang untuk Koperasi Sekunder.
b.      Rapat pembentukan dipimpin oleh seorang/beberapa orang pendiri atau kuasa pendiri. Yang disebut kuasa pendiri adalah yang diberi kuasa dan sekaligus ditunjuk oleh pendiri untuk pertama kalinya sebagai pengurus koperasi untuk memproses pengajuan permintaan pengesahaan akta pendiri koperasi dan menandatangani anggaran dasar koperasi.
c.       Apabila diperlukan dan atas permohonan para pendiri, Pejabat Departemen Koperasi, PKM dapat hadir dalam rapat pembentukan untuk membantu kelancaran jalannya rapat dan memberikan petunjuk-petunjuk seperlunya.
d.      Anggaran dasar harus memuat sekurang-kurang: daftar nama pendiri, nama dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan serta bidang usahanya, ketentuan mengenai keanggotaan, rapat anggota, pengelolaan, permodalan, jangka waktu berdiri, pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dan ketentuan mengenai sanksi.

Contoh Koperasi

Alamat : Ruko Mall Depok Blok B no. 3
 Jl. Margonda Raya. Depok

1.      Berdirinya koperasi
Koperasi ini berdiri sejak 10 juli 2009
2.      Latar belakang berdirinya koperasi
Demi menigkatkan cabang pendapatan dari perusahaan yang di dasari oleh PT. ASTRA, kemudian membuka sebuah koperasi peminjaman dana yang di campurtangani oleh kepengurusan pihak FIF dalam bidang Finance
3.      Visi dan Misi
Visi : menjadi koperasi yang terbesar di Indonesia
Misi : meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia pada tingkat usaha mikro.
4.      Struktur perusahaan hingga koperasi
PT. ASTRA>>FIF>>KSP.Sehati
5.       Struktur jabatan
a.       Brance Manager (BM): Robert Rumahorbo
b.      Credit Collection Officer (CCO): Haris
c.       Finance Officer (FO): Puput
d.      Credit Marketing Officer (CMO):
-          Yakup
-          Arifin
-          Irvansyah
-          Ramadhan
-          Irwansyah
-          Panco
-          Tri
e.       Office Boy (OB): Alwi
6.      Tujuan berdirinya koperasi
a.       Memperbailki keuangan masyarakat sekitar
b.      Memberikan pinjaman dengan bunga yang sedikit
c.       Memberikan kepercayaan yang stabil bagi nasabah
d.      Menjalin silaturahmiyang baik bagi nasabah
7.      Pesaing koperasi
a.       BPR
b.      BAF
c.       Mandiri Finance
8.      Masalah yang di hadapi
•Nasabah yang Nunggak Pembayaran
• Peminjaman hanya berdasarkan unsur kepercayaan
• Koperasi yang berbeda
9.      Yang berperan utama dalam pengambilan keputusan
>> BM : Brance Manager
10.  Sumber pendapatan koperasi
-          Bunga Pinjaman Dari Nasabah
-           Biaya Administrasi Nasabah
11.  Syarat Untuk menjadi Karyawan
 BM (Brance Manager)
a. Berpengalaman
b. Pendidikan Minimal S1
c. Bertanggungjawab
 CCO ( Creditor Collectiom Officer)
a. Pendidikan Minimal D3
b. Jujur dalam Kerja
c. Semanagt yang Tinggi
 FO ( Finance Officer)
a. Pendidikan Maksimal D3
b. Berpenampilan Menarik
c. Menguasai Microsoft Office
 CMO ( Credit Marketing Officer )
a. Pendidikan Maksimal SMA Sederajat
b. Loyalitas kepada koperasi
c. Mempunyai SIM C dan Kendaraan Pribadi
d. Menguasai Daerah Setempat
e. Jujur
12.  Perkembangan Koperasi
Perkembangan Koperasi sangat pesat, dalam tempo delapan belas bulan sudah dapat membuka 70 cabang. Dan di targetkan untuk tahun depan cabang koperasi ini sudah menjadi 120 cabang.
 
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar